WordPress Landing Page

Apakah Anda ingin membuat landing page di website WordPress Anda? Landing page kini sangat dibutuhkan karena sebagai halama penawaran, biasanya satu halaman penuh. WordPress Landing Page membantu bisnis Anda untuk mengubah pengunjung menjadi konsumen atau leads. Di artikel ini akan memberikan tutorial cara membuat landing page beserta tips-tips landing page yang efektif.

Apa Itu Landing Page?

Landing page adalah satu halaman penuh pada suatu website yang didesain untuk meningkatkan penjualan atau mengumpulkan leads (web conversion) bagi bisnis. Jadi ketika membuat iklan PPC seperti fb ads atau google ads maka iklan akan diarahkan ke halaman landingpage penjelasan lengkap tentang suatu produk/jasa, selain itu biasa digunakan untuk mengirim promosi melalui email marketing, atau posting di media sosial, Anda mengarahkan target audiens menuju halaman website tersebut (landing page).

Website Company Profile juga biasanya menggunakan format landing page, sebagai penjelasan suatu bisnis

Perbedaan Landing Page dengan Homepage

Pada dasarnya setiap pembuatan website memiliki tujuan sesuai dengan keinginan pembuatnya (webdesign). Dari tujuan ini kita bisa menentukan apakah akan membuat Homepage atau Landing page. Seorang Advertaiser akan banyak menggunakan format Landing page dibanding format biasa, karena mereka menjaring trafik dari iklan berbayar dan closing di halaman landing page.

Homepage adalah halaman depan website Anda ketika pengunjung mengetikkan nama domain Anda di browser internet. Di sisi lain, landing page bisa merupakan salah satu halaman di website Anda atau halaman website yang berdiri sendiri yang menjadi halaman pertama yang dituju pengunjung dari pihak ketiga (iklan PPC, media sosial, email marketing, dll).

Sebuah homepage didesain untuk pengunjung agar bisa memahami bisnis Anda secara keseluruhan. Mereka bisa menjelajah website Anda dan mengeksplor halaman-halaman seperti About UsContact UsOur ProductSign Up, hingga halaman karier.

Berbeda dengan landing page yang didesain untuk menghasilkan conversion. Link di landing page lebih sedikit dibanding homepage yang didesain agar pengunjung membuat keputusan pembelian, sign up, atau subscribe newsletter.

Baca juga: Cara Membuat Landing Page dengan Mudah

Berikut adalah perbedaan antara Home Page dan Landing Page:

Home Page:

  • Mengarah pada halaman utama website, yaitu www.bisnisanda.com.
  • Fungsinya untuk memberikan gambaran keseluruhan bisnis.
  • Menyediakan link ke laman-laman penting lain dalam website.
  • Memungkinkan calon pelanggan untuk mempelajari semua produk yang dijual.

Landing Page:

  • Mengarah pada salah satu laman dalam website. Misalnya, www.bisnisanda.com/domain-murah atau www.bisnisanda.com/hosting-murah. Bisa juga di setting sebagai halaman utama.
  • Fungsinya untuk menerima trafik dari satu atau beberapa saluran marketing (iklan, email marketing, ads referral, dan lain-lain).
  • Fokus pada satu topik tertentu. Misalnya, laman untuk produk/jasa, produk digital, halaman penawaran
  • Mendorong calon pelanggan untuk mengambil satu tindakan tertentu. Misalnya, membeli produk atau mengisi formulir tertentu.

Terdapat dua jenis landing page, yaitu lead generation landing page dan click through landing page. Perbedaan antara keduanya dijelaskan sebagai berikut:

  • Lead Generation Landing page bertujuan untuk mengumpulkan informasi calon pelanggan potensial (leads) seperti email, nomor telepon, dan lainnya. Sebagai gantinya perusahaan memberikan imbalan seperti e-book gratis, layanan konsultasi gratis, dan semacamnya. Contoh: https://www.tokoprodukdigital.com/download
  • Click Through Landing page berfungsi sebagai tempat calon pelanggan melakukan pembelian. Terdapat Call to Action (CTA) jelas yang mendorong mereka untuk membeli produk.

Anda hanya bisa mempunyai satu homepage. Namun, Anda bisa membuat landing page sebanyak-banyaknya yang dapat digunakan untuk tujuan yang berbeda-beda. Misalnya, Anda bisa membuat landing page khusus untuk kampanye iklan PPC. Anda juga bisa membuat landing page khusus untuk trafik yang didatangkan dari email marketing maupun media sosial. Intinya adalah landing page dapat dibuat berdasarkan berbagai macam tujuan.

Cara Membuat Landing Page Gratis di WordPress dengan Plugin

WordPress menyediakan plugin yang memungkinkan Anda untuk membuat, mengedit, dan melakukan kustomisasi tata letak website tanpa coding. Anda hanya perlu menarik elemen tertentu seperti baris, kolom, gambar tombol, atau tulisan pada posisi yang Anda inginkan.

Ada beberapa plugin yang bisa Anda gunakan untuk membuat landing page, salah satunya adalah Elementor. Berikut cara membuat landing page gratis di WordPress menggunakan Elementor:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *